KANKER SERVIKS Pembunuh Nomor 1 Wanita Indonesia

子宮頸がんを知っておこう!
Ayo Kenali Kanker Serviks! 

子宮頸がんとは

Apa itu Kanker Serviks?

子宮がんは、子宮体がんと子宮頸がんに分けられる。子宮体がんは子宮内膜がんとも呼ばれ、胎児を育てる子宮体内部の内側にある子宮内膜から発生する。一方、子宮頸がんは、子宮の入り口の子宮頸部と呼ばれる部分から発生する。子宮の入り口付近で発生することが多いので観察や検査がしやすいため、発見しやすいがんである。また、早期に発見すれば比較的治療しやすく、予後のよいがんといえる。
Kanker rahim terbagi menjadi 2, yaitu kanker pada tubuh rahim dan kanker serviks. Kanker pada tubuh rahim disebut juga dengan kanker endometrium, kanker tersebut terjadi dari lapisan dalam yang ada pada rahim, tempat tumbuhnya janin. Sedangkan kanker serviks terjadi dari bagian yang disebut serviks yang ada di bagian leher rahim. Kanker ini biasa terjadi di sekitar leher rahim sehingga dapat dengan mudah dilakukan observasi maupun pemeriksaan, termasuk jenis kanker yang mudah ditemukan. Selain itu, kanker serviks relatif lebih mudah diobati apabila bisa diketahui lebih dini, kanker serviks termasuk jenis kanker yang prognosisnya baik.

子宮頸がんの発生には、その多くにヒトパピローマウイルス(HPVHuman Papilloma Virus)の感染が関連しているとされていて、患者さんの90%以上からHPVが検出されている。また喫煙も子宮頸がんの危険要因であることがわかっている。子宮頸がんは30歳代後半~40歳代に多く発症するが、最近は若い女性で増えている傾向にある。
Terjadinya kanker serviks erat kaitannya dengan infeksi virus HPV (Human Papilloma Virus). Lebih dari 90% pasien yang mengidap kanker serviks terdeteksi terinfeksi virus HPV. Selain itu, kebiasaan merokok juga merupakan faktor bahaya pemicu kanker serviks. Kanker serviks kerap terjadi pada wanita berusia 35 ~ 40 tahun, namun akhir-akhir ini semakin banyak wanita muda yang mengidap penyakit ini.
子宮頸がんは、異形成という前がん状態を経てがん化することが知られており、本物のがん細胞に進行する前に正常でない細胞(異型細胞というがんになる前の細胞)の状態を細胞診というスクリーニングの検査で見つけることができる。つまり、無症状のときから婦人科の診察や集団検診などで早めに発見することが可能である。検診を受けておらず、生理でないときや性行為の際に出血したりふだんと違うおりものが増える、生理の量が増えたり長引くなど気になる症状があるときは、早めに受診することが早期発見につながる。
Kanker serviks diketahui berasal dari kondisi pra-kanker yang disebut dengan displasia yang kemudian tumbuh menjadi kanker. Kondisi sel yang tidak normal (sel pra-kanker yang disebut atypical cell) dapat dideteksi dengan tes skrining yang disebut dengan pemeriksaan sitologi sebelum berkembang menjadi sel kanker yang sesungguhnya. Dengan kata lain, ketidaknormalan sel tersebut dapat dideteksi melalui pemeriksaan oleh ginekolog maupun tes skrining massal, meskipun tidak ada tanda-tanda atau gejala apapun yang terlihat sebelumnya. Meskipun Anda belum melakukan pemeriksaan medis, namun jika terlihat adanya gejala-gejala seperti : tidak menstruasi, keluar darah yang tidak wajar ketika melakukan hubungan seks, darah menstruasi keluar dalam jumlah banyak dan periode menstruasi yang lebih lama, dan sebagainya. Sebaiknya lakukan pemeriksaan medis agar penyakit dapat dideteksi lebih dini.

最近では、子宮頸がんの発生が若い人に増えていることや、晩婚化に伴い妊娠年齢が上昇していることから、妊娠中にがんが発見される機会も多くなっている。がんが早期であれば、妊娠継続とがん治療を両立させることが可能な場合もあるが、進行がんでは、母体の救命を優先させる治療を行うこともある。パートナー(配偶者・恋人)とのコミュニケーションを十分にとり、お互い納得して治療方針を決めることが大切であり、また、担当医と十分に話し合って慎重に治療を選択する必要がある。
Akhir-akhir ini, kasus kanker serviks banyak ditemukan pada wanita muda. Selain itu, kanker serviks juga banyak ditemukan pada masa kehamilan karena meningkatnya fenomena hamil di usia tua karena terlambat menikah. Untuk kanker pada stadium awal, memungkinkan bagi Anda untuk melanjutkan kehamilan dan melakukan pengobatan kanker secara bersamaan. Akan tetapi, untuk kanker tahap lanjut biasanya dilakukan pengobatan yang memprioritaskan nyawa sang Ibu. Sangatlah penting untuk memutuskan langkah pengobatan apa yang akan dilakukan, tentunya Anda harus mendiskusikan hal ini dengan pasangan Anda agar masing-masing dapat memahami satu sama lain. Selain itu, konsultasikan masalah ini dengan baik pada dokter, karena Anda harus memilih metode pengobatan dengan cermat.
子宮頸がんの検査と診断
Pemeriksaan dan diagnosis kanker serviks

がん検診のときは通常細胞診のみを行うが、細胞診の結果がんが疑われたときには、精密検査として組織診、コルポスコープ診を行う。がんの広がりをみる検査としては、内診、直腸診、超音波検査、CTMRIなどがある。また膀胱鏡、直腸鏡、尿路検査などが行われることもある。
Saat melakukan pemeriksaan kanker, biasanya hanya dilakukan pemeriksaan sitologi saja. Akan tetapi, jika pada hasil pemeriksaan sitologi terindikasi adanya kanker, maka akan dilakukan pemeriksaan tingkat lanjut seperti pemeriksaan biopsi maupun kolposkopi. Sedangkan untuk memeriksa persebaran kanker, biasanya dilakukan antara lain : pemeriksaan pelvis, pemeriksaan rektum, ultrasonografi, CT (Computerized Tomography), MRI (Magnetic Resonance Imaging). Selain itu ada pula pemeriksaan cystoscope, rectosope, pemeriksaan saluran kemih, dan lain-lain.

細胞診
子宮の入り口付近を綿棒、ブラシ、またはヘラのようなものでこすって細胞を取り、顕微鏡で正常な細胞かどうかを確認する。通常、痛みは軽い。
Pemeriksaan sitologi
Bagian di sekitar leher rahim akan digosok dengan cotton bud, sikat, atau solet kecil untuk mengambil sampel sel, kemudian dilakukan pengecekan menggunakan mikroskop apakah sel tersebut normal atau tidak. Biasanya tidak terlalu sakit.

組織診
細胞診で異常があった場合は、疑わしい部分から小さな組織を切り取って顕微鏡で診断(組織診)する。子宮頸がんであることの確定診断に用いる。痛みを感じたり、出血することがある。
Pemeriksaan biopsi
Apabila ditemukan ketidaknormalan pada hasil pemeriksaan sitologi, maka bagian yang terindikasi kanker akan dipotong sedikit kemudian dilakukan pemeriksaan biopsi menggunakan mikroskop. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan keberadaan kanker. Adakalanya terasa sakit dan mengeluarkan darah.

コルポスコープ診
コルポスコープという拡大鏡で子宮頸部の粘膜表面を拡大して細かい部分を観察する。通常、組織を採取する際にはコルポスコープで異常が疑われる部位に狙いを定めて採取する。
Pemeriksaan kolposkopi
Pemeriksaan bagian detail dengan cara memperbesar permukaan selaput lendir bagian leher rahim menggunakan kaca pembesar yang disebut dengan colposcope.
Biasanya, colposcope ini digunakan untuk memastikan titik yang dicurigai terdapat kanker pada saat akan mengambil sampel jaringan.

超音波(エコー)検査
超音波を体の表面にあて、臓器から返ってくる反射の様子を画像にする検査。痛みもなく放射線の被曝もない。膣の中から超音波をあてて調べる場合もある。子宮頸がんの性状をみたり、腫瘍と周囲の臓器との位置関係や他の臓器やリンパ節への転移の有無を調べる。
Pengecekan ultrasonografi/USG (echo)
Pemeriksaan yang dilakukan dengan menembakkan gelombang ultrasonik ke bagian tubuh untuk menggambarkan kondisi bagian dalam tubuh melalui refleksi yang dipantulkan oleh organ. Selain tidak sakit, metode ini juga aman dari paparan radiasi. Adakalanya pengecekan dilakukan dengan menembakkan gelombang ultrasonik ke dalam vagina. Dilakukan untuk melihat karakteristik kanker serviks, untuk mengecek hubungan posisional antara tumor dan organ lain di sekitarnya, dan juga untuk mengecek ada tidaknya metastasis atau perpindahan ke kelenjar getah bening maupun organ lainnya.

CT、MRI検査
CTは、Ⅹ線を使って体の内部(横断面)を描き出し、治療の前にがんの性質や分布、転移や周囲の臓器への広がりを調べる。MRIは磁気を使った検査である。CTMRIは、肺、肝臓などの遠隔臓器への転移の有無、リンパ節転移の診断、周囲臓器への浸潤の程度の診断に威力を発揮する。造影剤を使用する場合、アレルギーが起こることがあるので、以前に造影剤のアレルギーの経験のある人は医師に申し出る必要がある。
Pemeriksaan dengan metode CT dan MRI
Pemeriksaan CT (Computerized Tomography) adalah untuk menggambarkan bagian dalam tubuh (penampang) menggunakan sinar X, gunanya adalah untuk memeriksa karakteristik kanker, serta mengetahui metastasis maupun penyebaran kanker ke organ lain di sekitarnya sebelum dilakukan pengobatan. Sedangkan MRI (Magnetic Resonance Imaging) adalah pengecekan dengan menggunakan magnet. Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya metastasis ke organ yang letaknya jauh, seperti paru-paru dan hati. Juga untuk memeriksa metastasis ke kelenjar getah bening, maupun untuk memeriksa tingkat infiltrasi kanker ke organ lain di sekitarnya.

子宮頸がんの病期(ステージ)
病期とは、がんの進行の程度を示す言葉で、英語をそのまま用いてステージともいう。がんの大きさだけではなく、粘膜内にがんがどの程度深く入っているか、リンパ節転移や肺などの遠隔臓器への転移があるかどうかで、0期、Ⅰ期(Ⅰa;Ⅰa1、Ⅰa2、Ⅰb;Ⅰb1、Ⅰb2)、Ⅱ期(Ⅱa、Ⅱb)、Ⅲ期(Ⅲa、Ⅲb)、Ⅳ期(Ⅳa、Ⅳb)に分類されている。
Tingkatan kanker serviks (stadium)
Stadium adalah istilah yang menunjukkan tingkat perkembangan kanker, istilah ini diambil dari bahasa Inggris “stage”. Stadium, tidak hanya digunakan untuk menunjukkan seberapa besar ukuran kanker, namun juga menunjukkan seberapa dalam masuknya kanker ke dalam selaput lendir, juga untuk menunjukkan ada tidaknya metastasis ke kelenjar getah bening maupun ke organ yang letaknya agak jauh seperti paru-paru dan hati. Stadium kanker terbagi menjadi, stadium 0, stadium I (a;Ⅰa,a2,b;Ⅰb,b2), stadium II (a,b), stadium III (a,b), stadium IV (a,b).

子宮頸がんについての説明はここで以上ですが、参考にしてください。
世界中の女性の皆さん、特にインドネシアの女性の皆さんが子宮頚がんの事とその防ぎ方を知ってほしいです。
Penjelasan terkait kanker serviks saya cukupkan sekian, mudah-mudah bisa menjadi referensi bagi Anda.
Saya ingin agar wanita di seluruh dunia, khususnya wanita Indonesia mau mengenal apa itu kanker serviks dan bagaimana cara mencegahnya.

私の個人の意見ですが、子宮頸がんを防ぐために、11回パップスメアのテストを行ってください。また、毎日のケアとして、Crystal Xというハーブメディシンをお勧めします。
Untuk mencegah kanker serviks, sebaiknya lakukan pengetesan Pap Smear 1 kali setahun. Dan, untuk perawatan harian kami merekomendasikan sebuah produk herbal yang bernama Crystal X.

翻訳サービスを求める方は下記までご連絡ください。
Bagi Anda yang memerlukan jasa terjemahan, silahkan hubungi kontak berikut.
Mohamad Eko Sugiyono

WA 089610265543

Komentar

Postingan populer dari blog ini

電車に乗る時のマナー Sopan Santun Saat Menaiki Kereta

Lyric, Translation & Chord ”心の友” Kokoro no tomo

Penyebab Mual Pada Trimester Ke-2 Kehamilan dan 8 Cara Mengatasinya

インドネシアの食文化 (Budaya Kuliner Indonesia)

Amankah Hewan Peliharaan Anda Dari Kutu Mematikan Ini?

ASALKAN KAU BAHAGIA_ARMADA BAND (KATAKANA LYRICS)

Saran Untuk Anda Yang Ingin Belajar Ke Jepang